[Review #1] STEPHEN CRUZ –Sang Casanova–

Judul​​: Operation: Break the Casanova’s Heart

Penulis​​: Aly Almario

Penerjemah​: Airien Kusumawardani

Penerbit​: Penerbit Haru

Terbit​​: Oktober, 2015

Tebal​​: 220 halaman

Harga​​: Rp. 57.000,-

Rate: 4,5★

 

“Di dalam permainan bernama ‘Cinta’, yang kalah adalah yang pertama jatuh cinta.”

Kisah ini bermula ketika Stephen Cruz menghancurkan hati Kryzel, sahabat Naomi. Naomi yang kesal karena perilaku Stephen yang semena-mena (bahkan mencium Naomi seenaknya) akhirnya setuju dengan misi yang ditawarkan KPSC (Koalisi Pembenci Stephen Cruz) untuk membalaskan dendam pada Stephen Cruz, si Casanova kampus yang terkenal sering gonta-ganti pacar.

Ada 10 tugas yang harus Naomi selesaikan dalam misi ini. Dengan bantuan Yannie dan France, dua anggota dari KPSC, Naomi mulai bertransformasi menjadi cewek yang dapat menarik perhatian Stephen. Tujuan akhir Naomi hanya satu: membuat sang Casanova jatuh hati padanya, lalu hancurkan hati Stephen hingga berkeping-keping.

Selangkah demi selangkah Naomi berhasil membuat Stephen terpikat. Walau pada awalnya Stephen terkesan ingin mempermainkan Naomi juga. Namun pada titik tertentu pembaca akan langsung merasakan bahwa Stephen sudah tertarik kepada Naomi, apalagi ketika Drew, pria yang Naomi sukai sebenarnya, muncul dan membuat Stephen cemburu.

Salah satu adegan yang paling manis dalam cerita ini adalah ketika Stephen diam-diam membelikan boneka kura-kura yang disukai Naomi setelah Drew melarangnya untuk membelinya karena menurut Drew boneka itu tidak ada gunanya. Bahkan Stephen membeli boneka kura-kura tersebut sepasang, satu untuk dia simpan sendiri yang dia beri nama ‘Nam-Nam’ dan yang lainnya diberi nama ‘Pen-Pen’ dan diberikan kepada Naomi.

Semakin kita membaca, akan ada beberapa hal lain yang terkuak. Seperti kisah tentang masa lalu Stephen, dan apa yang membuat pria itu menjadi Casanova seperti sekarang, lalu benang kusut di antara keluarga Stephen dan Naomi. Belum lagi alasan sebenarnya KPSC memberikan misi untuk Naomi, walau sebenarnya alasannya sedikit dipaksakan. Intinya buku ini tidak semata-mata tentang cinta. Ada nilai-nilai moral yang bisa dipetik dari cerita ini.

Novel karya Aly Almario dari Filipina ini sangat menarik untuk dibaca. Ceritanya sangat bagus dan diterjemahkan dengan sangat baik, alih-alih membaca novel Filipina, novel ini lebih seperti novel lokal yang dipadukan kata-kata dalam bahasa Tagalog dan dapat diselesaikan dalam waktu beberapa jam saja.

Tema yang diangkat novel ini sebenarnya pasaran. Tentang benci jadi cinta dan tentang playboy yang akhirnya jatuh cinta. Tetapi yang beda adalah cerita ini dikemas dengan sangat manis, dipadu dengan karakter-karakter yang relatable dengan pembacanya. Sayangnya, ada berbagai hal yang diceritakan secara tiba-tiba dalam cerita ini, seperti tokoh Mitchell, Danica, dan Clarisse yang tiba-tiba menjadi alasan mengapa Yannie dan France ingin Naomi menjalankan misi tersebut. Ketiga tokoh tersebut kurang dijelaskan dan hanya muncul dua kali. Lalu, pengarang juga tidak menceritakan bagaimana Yannie bisa berkencan dengan Nico, kakak laki-laki Naomi, begitu pula dengan Kryzel dan Rence, serta Drew dengan pacar barunya.

Novel-novel terjemahan yang diterbitkan oleh Penerbit Haru memang biasanya jarang diterjemahkan oleh penerbit lain dan cukup berkualitas. Karya Aly Almario ini merupakan karya Filipina pertama yang diterbitkan oleh Penerbit Haru dan kabarnya akan segera difilmkan. Jadi tidak sabar melihat aktor-aktor yang akan memainkan peran dari tokoh-tokoh dalam novel ini.

    

Author: ❉carol's world❉

bookstagramers and just a new book blogger 😶 Korean addict.

Leave a comment